23 Januari 2013

Marilah Kemari Hai Februari





Moshi moshi para fans bulan Februari...

Huyeaaah. 
Ketemu sekaligus say hello sama Februari memang masih seminggu kedepan, namun hati ini rasanya udah mpot-empotan. Ga tau ya, stigma yang kadung tertancap hingga ke relung sukma dan mengakar ke dalam jiwa, Februari identik dengan bulan romantis penuh lope-lope di udara. Mungkin karena dalam  bulan Februari  terselip momen Valentine's Day yang banyak 'diperingati' oleh sebagian umat Tuhan seluruh belahan dunia pada tanggal empat belas.

Ngomongin soal palentin (istilah ilmiahnya Valentine) di masa silam, jujur, sebenernya ada banyak 'jleb' momen di dalamnya. Aku mengenal istilah palentin ini sejak duduk di kelas II SMP. Masa pubertas gitu deh. 

Dooo..waktu itu sih, anak-anak SMP pada saling kasih coklat (walau levelnya coklat tjap Jago), kirim kartu ucapan bermotif cinta (gambarnya daun Waru yang dipenuhi ulet bulu...hiiii!), atau minimal setangkai bunga yang diculik paksa dari vas meja guru. Ga melulu cowok yang ngasih gift ke cewek. Banyak temen-temen cewek yang bela-belain berangkat subuh ke sekolah (saingan ma kernet mikrolet) hanya untuk menyelipkan hadiah di laci meja gebetannya. Cieeeee....

Saat itu, aku menanggapi fenomena tersebut dengan cuek, angkuh, dan dingin. Bagiku, itu bukan hal istimewa alias biasa-biasa saja.  Hiks. Masalahnya..., waktu itu ga ada sebiji cowokpun yang khilaf ngasih hadiah ke aku. Huhuhuhu. Nyesek ga sih? Mamaaaah, kenapa dulu daku tiada laku???!!! Kenapa daku dilahirkan, maaaaah????!!!

Menginjak SMA, kreativitas perayaan momen palentin, yang sebenarnya didedikasikan untuk  mengenang perjuangan pastor St. Valentine dalam 'melawan' kedigdayaan Kaisar Claudius II pada kisaran abad ke III ini, jadi semakin berwarna saja. Coklat Jago dipandang kurang bergengsi. Para muda -mudi beralih ke aneka coklat import (sebangsa Ferrero Rocher, GuyLian, M&M's, Belgian, hingga Doolse) yang dikemas begitu menggoda dan harganya cukup bikin eike mendadak masuk rumah sakit jiwa. Ya iyalah, subsidi dari ortu cuma cukup buat jajan bakwan di kantin ama bayar ongkos metromini, mana kuat beli coklat begituan? 

Teman-teman SMA ku yang mayoritas emang kalangan the 'have' dengan status bokap-nyokap yang rata-rata pejabat dunia akherat, pasti enteng aja ngrayain palentin. Makan di kafe, pake t-shirt kembar (sering dikira penari latar), atau menghadiahi sang kekasih dengan buket bunga mawar asli (hasil metik dari kebun tetangga). Etdaaah..., romantis maksimal. Dan..., lagi-lagi, aku hanya bisa duduk termangu dipojokan tangga deket toilet siswa, sambil meratapi nasib yang pilu karena 'dagangan' masih aja kagak laku. Boro-boro punya gebetan. Dilirik aja kagak! Jomblo itu pedih, Jenderal...

Maklum, Sob. Dulu, secara fisik, daku jauh dari kata kece apalagi seksi (eh, sekarang juga masih kagak cakep, ding). Kurus, kering kerontang, kulit item ngaujubileh, dan dihiasi dengan seuntai bibir yang tebel alias dower. Bahkan sering dipanggil 'Darkwing Duck' ama senior-senior (sungguh kejam kalian, belum pernah ngrasain jurus kameha-meha nih!). Intinya, merana tanpa pernah merasakan tombak asmara (kalo panah mah kurang nendang). 

Ah, tapi sebenernya eike kagak minder-minder amat, toh gini-gini, menurut bisik-bisik pedagang Tahu Gimbal yang demen mangkal didepan sekolah, otak eike termasuk encer kaya kuah cendol. Sering dapet rangking 1 (besok daku kirim deh fotokopi nilai rapot SD - SMA ke rumah situ!). Yah, minimal masih ada yang dibanggain lah ama pak bon yang jaga sekolahan.

Well,
Bulan Februari tahun ini bisa jadi merupakan momentum yang punya makna tersendiri. Penugasan suami ke Papua bakalan genap 6 bulan. Jadi insya Allah bisa segera kembali ke pelukan istri tersayang (amin). Aduuuh..., jadi deg-degan nih cyiin. Saking lamanya tak bersua, jadi takut ketuker ama suami tetangga. Ihihihik.

Saat lagi terbawa aura romantisme yang sayup-sayup dihembuskan oleh dewi cinta Juno Februata ini, aku biasanya menenggelamkan diri dalam alunan musik 'surgawi'. Maksudku, lagu-lagu yang bikin raga meleleh hingga tetesan terakhir. Arrrrrrrrgggh...*ngenyot hape*.

Biasanya, poin keromantisan melonjak optimal jika dibarengi dengan suasana hati yang lagi kangen sama gebetan/pasangan, lagi habis ditembak ama gacoan (nyang inih khusus abege), lagi terbayang-bayang selingkuhan (waduh!), atau malah sedang mengalami patah hati ("sakitnyaaaaa...sakitnyaaa..oooh sakitnyaaaa...", gitu kata mas Judika).

Buat aku pribadi, kalau suasana hati lagi mellow bungalow, ini nih CD andalan yang langsung kukeluarkan dari kotak wasiat :

Kyaaaaa..

Glenn Fredly!!



kangen banget pengen liat live performance dia lagi

Aw..aw..aw..., dari jaman SMP sampai bangkotan kaya sekarang, ada beberapa lagu Glenn Fredly yang wajib dihapal mati. Menurut eike, lirik yang keren mampus tu ada di lagu : 

~ Sekali Ini Saja
~ Terserah
~ Akhir Cerita Cinta
~ Januari
~ Pada Satu Cinta
~ Mimpi Biru

Semua udah masuk ke playlist, kecuali yang Mimpi Biru. Susah amat di didownload ke BB. Ada yang bisa bantu kirim ni lagu ke BB eike?  Eh, ini sekalian aku posting liriknya, biar situ cepet apal. Pokonya tu lagu daleeem banget *peres kanebo dulu dah*. 



MIMPI BIRU

Disisiku, kau untukku
Disisiku hanya engkau milikku
Kutak tahu, o mengapa
Semua ini hanya sebuah mimpi biruku


Kau bawa aku jauh
Dalam khayal semu
Walau hanya biru
Di dalam mimpiku


REFF :
Haruskah ku
Memendam rindu yang
t'lah lama kumiliki


Dengarkanlah oh...
Isi hatiku yang paling dalam
Percayalah kasih ku tak mampu
(Dengarkanlah kasih ku tak mampu)


Saat ini hanya rindu di dada
Ingin kucurahkan
Semuanya untukmu
Selalu... untukmu...




Sudah cukup berkobarkah api romantisme dedek Andien dengan lagu-lagu nya Glenn Fredly? Oooh belum..., gairah bulan Februari juga harus diselimuti dengan lagu-lagu pelet hasil ramuan band 'papan atas' idola eike yang sukses eksis hingga saat ini.  Ladies and gentlemen, please welcome....

KAHITNA!! 

Aaaaaaaaarrrrggggh....


Hanya ini CD/VCD yang sempat aku dapetin.
(sisanya kaset Kahitna jaman jebot yang udah pada lengket pita-nya hihihi)


Dari jaman SMP juga, aku mulai kenal lagu mereka. Waktu itu masih album yang pertama. Cewek mana sih yang ga klepek-klepek kalo denger lagu-lagunya Kahitna? Bahkan Mak Lampir pun bisa menjelma jadi wanita manja seutuhnya kalau Kahitna nyanyiin lagu 'Cantik' di depan dia. Hehehe...

Banyak pria laskar cinta  yang nebeng lagunya Kahitna atas dasar "persamaan nasib dan ideologi". Pastinya buat mendongkrak momen yang dianggap sakral dalam kehidupan mereka, dong. Kisah cintanya jadi (sok) dimirip-miripin ma lagu-lagu Kahitna. 

Ga percaya? Ni, simak aja riset kecil-kecilan yang telah dihimpun tim Cek & Becek mengenai betapa lagu-lagu Kahitna dapat diandalkan untuk mengatasi segala masalah tanpa masalah hingga bikin Pegadaian terancam gulung tikar:

1. Andai  Dia Tahu 
--> Dinyanyiin temen-temen ogut yang diem-diem naksir seseorang tapi dicuekin mulu. 
2. Cantik
--> Yang ini buat ngrayu bu kantin biar ga ketahuan pas ambil mendoan 7 tapi  ngaku 3. Hihihi
3. Aku, Dirimu, Dirinya
--> Cucok banget buat mereka yang tiba-tiba galau karena terjebak diantara 2 cinta. Kalo ada cowok tiba-tiba monyongin bibir gegara nyanyi ni lagu maka 99% dia pernah terlibat affair! *musik horor*
4. Cinta Sudah Lewat
--> Sobat aku pernah bolak-balik muter ni lagu gara-gara pacarnya nikah ma orang lain. Padahal udah pacaran lama. Huhuhu..syedih..* jadi pengen peluk Iko Uwais...:p*
5. Tak Sebebas Merpati
--> Backsound wajib di acara pertunangan, lamaran, atau nikahan. Dulu eike selalu bercita-cita dinyanyiin lagu ini ma pasangan saat tunangan. Ealaaah..., pas hari H-nya,  malah yang keluar lagu ' Sorak-Sorak Bergembira' !
6. Engga Ngerti
--> Pas kuliah, banyak temen yang mengaku nasibnya sama dengan lirik lagu ini. Udah cinta mentok ma pacarnya, ternyata kudu pisah karena beda keyakinan. Huuuf...
7. Seandainya Aku Bisa Terbang
--> Lagu kebangsaan kaum LDR yang lagi bokek. Mau nemuin gebetan yang diluar kota, luar pulau, (atau malah luar negeri) tapi ga bisa, gara-gara duit udah kepake buat bayar tunggakan uang kos. Hihihi..
8. Untukku
--> Haiiish...kalo yang ini mewakili rintihan hati akyu. Intronya bikin merinding badai. Liriknya nancep-nancep gimana getoh. Versi Chrisye maupun Kahitna, sama-sama juara!
9. Menikahimu
--> Ga cewek, ga cowok bawaannya merasa senasib ama ni lagu kalo pas lagi anget-angetnya pacaran. Bawaannya pengen merit aja. Udah berasa bakal bersatu selamanya. Seiring sejalan kaya Nastar ma Musdalipeh.
10. Takkan Terganti
--> Lagu ini mewakili orang-orang yang gagal move on dalam urusan percintaan. Walau udah ga bisa nerusin hubungan, tetep aja susah dapat pengganti. Jadi sampai berumur pun, masih betah melajang. Tapi, ni lagu juga bisa jadi lebih mengharukan kalo diibaratkan paaangan suami istri yang setia sampai mati walau sang pasangan itu telah pergi meninggalkannya. Aih..ini sih udah bukan mak jleb lagi, tapi mak glabruuuk!

Oke, cukup 10 aja yang aku jadikan sampel. Kalo semuanya dibahas di mari, ntar dikira aye ini pengamat musik. Bisa dipithes ama Oom Bens Leo.

Kalo ada yang ngefans ma lagu-lagu Glenn atau Kahitna dan ada story behind the song, bagi-bagi dong ma eike. Bisa email aja ke andiena_widya@yahoo.com. Buat referensi sekaligus nambah temen. Sukur-sukur ada produser sinet stripping yang mau angkat story kita ke layar kaca. Cihuy marihuy, kan?!

Eh, besok Kamis tanggal merah yak? Aciiik...! Met liburan, mates!



**P.S:

  • Jangan pernah kepikiran buat beli CD/VCD/DVD bajakan ya cyiin. Itu sama aja pelecehan terhadap hak kekayaan intelektual. It is such a crime, dear :)
  • Makasih buat member Andienholic yang ikut menyumbang koleksi CD/VCD diatas. Pokoknya saya akan pilih Anda sebagai Presiden 2014! Lalala yeyeye :p





Tidak ada komentar:

Posting Komentar