18 Juni 2012

"Tertimbun Cintamu"

Thanks God,
Akhirnya kesampaian juga ke Gramedia hari Minggu ini. Udah lama banget pengen ngademin mata kesana, tapi karena jadwal eike sebagai calo tiket PIALA EURO begitu padat merayap, rencana maha mulia ini terpaksa tertunda.

Kadang aku merasa pilu juga sih harus jauh-jauh ke Gramedia buat browsing atau hunting buku. Apalagi butuh waktu sekitar 1 jam buat kesono (maklum, didaerah eike kagak ada toko buku sebesar Gramedia huhuhu). Belum lagi kalo harus naik bus, kudu setengah idup ngrayu abang kondektur biar dapet potongan gocap.

Memang, dijaman sekarang tawaran belanja buku melalui sistem online begitu mudah ditemukan. Kehadiran online bookstore, semacam bukukitapengenbuku, kutubuku, gramediaonline, etc, menurutku sangat membantu dan memfasilitasi para book lovers. Cukup register, klik sesuai pilihan, transfer uang, konfirmasi, dan...tinggal nunggu barangnya dianter didepan idung kita. Hemat waktu, biaya, dan tenaga, kan? Belum lagi, mereka sering memberikan diskon anti galau, fasilitas pre-order buku dengan bonus tandatangan penulis, juga bonus-bonus lain yang membuat angan para pelanggan menggelinjang (tsaaah...). 

Tapi yang namanya mahkluk sosial (baca : demen ngeksis!), pasti kangen lah melakukan aktivitas humanis di toko buku. Pengen pegang buku langsung, liat-liat promo (siapa tau bakal ada event booksigning), melototin buku/novel yang sedang jadi best-seller, atau mungkin tepe-tepe ama mas-mas cute yang ga bosen-bosennya nyodorin tas berlabel 'Gramedia' begitu dia liat kita lagi nenteng-nenteng buku. Duile, tau aja mas kalo aye hobi masukin buku ke dalam kolor!

Dan tadi, begitu sampai di Gramedia Solo Square, aku dibuat terkejut dengan program SALE yang mematok harga 5 ribu/d 25 ribu perak untuk buku-buku yang ditata dalam rak khusus. Lebih terkejut lagi, tenyata ada beberapa buku yang pernah jadi koleksiku waktu SD dan sekarang tercecer entah dimana...

Jaman SD, aku hobi banget baca bukunya Hilman Hariwijaya, baik buku karya pribadi maupun hasil 'proyek tandem' dengan penulis lainnya, seperti Boim LeBon, A. Mahendra, maupun Gusti. Buku karya Hilman yang udah aku baca (baik dengan cara beli, pinjam sambil ngancam, atau curi-curi baca pas ke toko buku) antara lain: LUPUS, LULU, OLGA, VANYA, VLADD, The Wall, Dancing on the Valentine, Cafe Blue, Rasta dan Bella, Cerita Cinta, Sexy Six  dll. 

Aku paling suka ama tiga serial terdepan, yakni LUPUS, LULU, dan OLGA. Tiga tokoh ini bikin aku ngefans mampus. Bahkan saat duduk di kelas V SD, aku sangat terobsesi mengganti seragam merah-putihku dengan seragam putih abu-abu gara-gara baca Lupus seri 'Idiiih...Udah Gede' .

Jadi inget, dulu hampir tiap bulan (karena uang saku harian yang pas-pasan) aku ngerayu nyokap buat beliin Lupus cs sehabis beliau gajian. Harga per buku  waktu itu sekitar 12.500 rupiah. Sangat mahal untuk ukuran kantong murid SD seimut aku yang uang sakunya 300 - 500 perak sehari. Pernah pas ulang tahunku, saudara dan teman-teman dekatku kuultimatum agar membawa kado berupa buku Lupus. Kalo nolak, jangan harap dapat traktiran bakwan goreng! Sadis? Pasti laaaah. Hoho.., alhasil rate koleksiku langsung melonjak dengan sukses. 

Hampir semua seri Lupus, Lulu, dan Olga aku punya. Tapi, hiks, gara-gara keteledoranku , 'harta berharga' ku ini banyak yang raib ga tau kemana. Nyesel banget,  aku kurang teliti dan lupa mencatat siapa-siapa aja yang pernah pinjam. Alhasil, dari  30-an buku karya Hilman yang sudah kukoleksi, kini hanya tersisa 5 biji! Gondok itu pediiiih, Jenderal!

Di Gramedia tadi, ada 6 (enam) buku Lupus, Lulu, dan Olga yang dipatok dengan harga 5 ribu perak aja. Ga pake pelet, ga mempan santet, langsung aja eike pepet. Oooh...puing-puing kejayaanku semoga bisa kurajut kembali...

Kenapa ga dari dulu di SALE? Kenapaaa??!!!

Selain bukunya Hilman, aku juga beli buku panduan soal Tabulampot. Misteri tentang tabulampot udah pernah aku kupas di blog sebelumnya. 

Terobsesi pengen ngawinin Pete ama Durian


Buat Gramedia, sering-sering donk adain book fair. Sesekali buka pameran di kota-kota kecil/kabupaten, biar adil. Kan kita-kita yang disini juga ikut andil dalam meningkatkan income dan laju perekonimian situ. Yaaa...walau levelnya masih belanja buku obral, tapi kan tetep lumayan lah daripada ngutil.


Buku-buku diatas tadi sampai sekarang masih 'virgin' alias belum buka segel. Sengaja  ditahan-tahan emang, buat stock bacaan persiapan ditinggal suami menjalankan tugas suci menjaga keutuhan NKRI bulan depan (sayup-sayup terdengar lagu Maju Tak Gentar diiringi sahutan klakson bajaj bertubi-tubi). 


Dalam beberapa hari ini, eike lagi konsen nyelesain dua bacaan yang sekilas terlihat sedikit kontradiktif namun sebenarnya saling melengkapi secara sinergis (apa seeeh?)


dari covernya, terbayang kelezatannya

Buku 'Sepatu Dahlan' dan 'Wow Konyol' memang sedang intim banget ma ogut. Kemana-mana selalu eike tenteng. Termasuk saat menjelankan tugas 'manusiawi' di kamar mandi. Huuyeah. Tiap malam, bisa dipastikan tu mahkluk meringkuk pasrah disamping bantal sebagai salah satu media ritual wajib sebelum ngepet bobo manis .

Sepatu Dahlan, terinspirasi dari kisah nyata Dahlan Iskan, sukses bikin mata eike sembab total akibat nangis sesenggukan (suer cuy, ceritanya bagus dan menyentuh banget huhuhu.., bahkan preman pelabuhan eike jamin pasti mewek permanen!). Errrgh...besok-besok aku janji bakal coba nulis resensi buku ini ah. Kalo malam ini kayaknya lagi ga bisa ngeblend ma suasana sedih penuh linangan air mata. Lagi liat OVJ soalnya. Sedangkan buku Wow Konyol ibarat penyeimbang agar ga terlalu melow sekaligus bisa nambah amunisi humor. 

Oh..lupa. Ada sedikit misteri yang hingga kini seolah-olah bergelayut malu-malu di ufuk kalbu (oke, selera diksi eike emang jadul) saat membuka salah satu halaman pada Sepatu Dahlan. Gara-garanya ada semacam tanda tangan yang membuatku penasaran, apakah bener ini sign nya pak Dahlan Iskan? 



Pada saat order buku yang ditulis oleh Khrisna Pabichara (@1bichara) ini, tidak ada keterangan/ info yang menyebutkan bahwa buku tsb ditandatangani langsung oleh Dahlan Iskan.   Aku udah coba mention ke akun @bukukita, @sepatudahlan, @1 bichara  bahkan ke twitter nya pak @iskan_dahlan buat menanyakan keabsahan tanda tangan ini, tapi hiks belum ada mention balasan (apalagi polbek!). 


Kenapa sih eike segitu ngototnya (baca:penasaran) ama perkara tanda tangan doang. Heeey..., ini penting yaaa. Listen, kalo buku koleksiku ada tanda tangan penulisnya atau justru orang penting yang menjadi inspirator semacam ini, jelas menjadi penguatan buatku untuk TIDAK AKAN minjemin ni buku pada siapapun. Hohoho...maap ye. Pelit permanen deh pokoknya! *meliriksadis*. Krik..krik..krik..


(didepan TV sambil menunggu suami yang lagi semedi di kamar mandi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar